Perumda PPJ Gandeng Kemendag Berikan Edukasi Kepada Pedagang dengan Kegiatan Sekolah Pasar | PERUMDA PASAR PAKUAN JAYA
1 | 1 27 Oktober 2020 | Dilihat: 40 Kali | Cetak

Perumda PPJ Gandeng Kemendag Berikan Edukasi Kepada Pedagang dengan Kegiatan Sekolah Pasar


Perumda PPJ Gandeng Kemendag Berikan Edukasi Kepada Pedagang dengan Kegiatan Sekolah Pasar

www.pasarpakuanjaya.co.id Bogor – Membangun dan memberdayakan pasar rakyat sangat penting, mengingat pasar rakyat merupakan salah satu sarana dalam melaksanakan kegiatan ekonomi masyarakat, sehingga banyak pedagang kecil, koperasi serta usaha mikro, kecil, dan menengah yang mempunyai harapan besar terhadap keberadaan pasar tersebut. Dengan adanya pasar rakyat dapat menciptakan lapangan kerja, meningkatkan pendapatan masyarakat, menambah dan meningkatkan kesempatan berusaha, dan meningkatkan potensi ekonomi daerah.

Upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota dengan melakukan pembinaan terhadap pedagang sangat dibutuhkan, mengingat mereka mempunyai latar belakang jalur, jenjang, jenis pendidikan, dan usia serta pengalaman usaha yang berbeda-beda. Pembinaan tersebut misalnya berkaitan dengan pengelolaan administrasi dan keuangan, penataan jenis barang, pemilihan mutu barang, kebersihan barang dan lokasi dagang, serta pemberian pelayanan terhadap konsumen. Kegiatan pembinaan ini salah satunya dilakukan dengan memberikan edukasi kepada pedagang dengan kegiatan sekolah pasar.

Sekolah pasar rakyat merupakan sarana pembelajaran dan edukasi bersama untuk menciptakan pasar rakyat yang berkualitas dan berdaya saing tinggi serta meningkatkan peran ekonomi kerakyatan. Diharapkan dengan adanya sekolah pasar, pedagang mampu mengimplementasikan ilmu dan akan tercipta pasar yang tertib, teratur, aman, bersih, dan sehat.

Perumda Pasar Pakuan Jaya (PPJ) Kota Bogor bersama Kementerian Perdagangan Republik Indonesia memberikan edukasi kepada para pedagang dengan kegiatan sekolah pasar (Selasa, 27 Oktober 2020). Kegiatan tersebut di laksanakan di Aula Kantor Pusat Perumda PPJ Jalan Siliwangi Nomor 31 Bogor Timur dengan peserta kegiatan Sekolah Pasar berjumlah  40 orang yang terdiri dari para pedagang Pasar Sukasari dan para pengelola pasar. 

Adapun Maksud dan tujuan dari kegiatan sekolah pasar ini menurut narasumber dari Direktorat Kesehatan Lingkungan – Kementerian Kesehatan yaitu Menginformasikan program-program yang ada di Kementerian terkait dengan pemberdayaan dan pengelolaan pasar rakyat serta Menginformasikan program-program terkait dengan peningkatan pengetahuan para pedagang mengenai berdagang yang baik. 

Dengan tujuan Meningkatkan pengetahuan pedagang pasar rakyat, Mendorong pasar rakyat mampu berkompetisi dan berdaya saing dengan pusat perbelanjaan dan toko modern dengan pengelolaan dan pemberdayaan pasar rakyat secara professional, Mendorong pengelola dan pedagang pasar untuk menerapkan protokol kesehatan yang benar di pasar rakyat dalam menghadapai pandemi Covid-19, serta Meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Di akhir sesi narasumber dari PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk memberikan edukasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk pedagang pasar dalam kegiatan sekolah pasar tersebut. Kasubag Humas Perumda PPJ, Iwan Arif Budiman menegaskan bahwa Perumda PPJ dan PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk harus sama - sama mengingatkan para pedagang untuk mengurangi para pedagang melakukan pinjaman kepada rentenir. Hal tersebut berkaitan dengan adanya program dari BNI Kredit Usaha Rakyat (KUR) kredit ringan,  namun masyarakat pedagang juga harus melengkapi dokumen - dokumen yang dibutuhkan jika ingin memanfaatkan fasilitas Kredit ringan KUR dari  BNI,” tutupnya.

 

(gft)

 

 

 

 

 

 


Author: Admin


Tags:

Bagikan