SAH Perda PMP, Perumda Pasar Pakuan Jaya Kota Bogor Mendapatkan Tiga Lahan Pasar | PERUMDA PASAR PAKUAN JAYA
1 | 1 28 Oktober 2022 | Dilihat: 103 Kali | Cetak

SAH Perda PMP, Perumda Pasar Pakuan Jaya Kota Bogor Mendapatkan Tiga Lahan Pasar


SAH Perda PMP, Perumda Pasar Pakuan Jaya Kota Bogor Mendapatkan Tiga Lahan Pasar

Peraturan Daerah (Perda) baru tentang Penyertaan Modal Pemerintah (PMP) kepada Perumda Pasar Pakuan Jaya (PPJ) yang dibacakan pada rapat paripurna yang digelar Selasa (18/10/2022) memutuskan dan menetapkan Perumda PPJ Kota Bogor mendapatkan tiga aset lahan yaitu Pasar Jambu Dua blok C atau lahan eks Angkahong, lahan pasar Taman Kencana dan Plaza Bogor. Langkah selanjutnya PPJ akan segera merevitalisasi pasar-pasar sesuai dengan rencana yang telah disetujui oleh Wali Kota Bogor.

Ketua DPRD Kota Bogor, Atang Trisnanto, menjelaskan persetujuan atas penetapan perda baru ini sudah melalui hasil evaluasi Gubernur Jawa Barat, sehingga berharap perda ini dapat segera diimplementasikan, agar dapat bermanfaat bagi masyarakat Kota Bogor.

“Penyertaan aset daerah kepada Perumda PPJ diharapkan dapat meningkatkan kinerja PPJ agar mampu menumbuhkan perekonomian kerakyatan maupun peningkatan pendapatan daerah”, tegas Atang pada Selasa (18/10/2022) malam.

Sementara itu, Ketua tim Pansus Perda tentang PMP Perumda PPJ, Zaenul Mutaqin, mengungkapkan PMP Perumda Pasar Pakuan Jaya hanya berisikan modal tanah dan bangunan dari tiga pasar, yaitu pasar Jambu Dua, Pasar Taman Kencana dan Plaza Bogor.

“Mudah-mudahan PMP Perumda PPJ bisa semaksimal mungkin untuk memajukan perekonomian dari sektor pasar yang ada di Kota Bogor,” tambah Zaenul.

Terpisah, Direktur Utama Perumda PPJ Kota Bogor, Muzakkir, menjelaskan, berterima kasih kepada tim yang terlibat Pansus, Pimpinan DPRD, Banmus, kepada para anggota DPRD hingga di Paripurna kan. Terima kasih juga kepada Wali Kota Bogor Bima Arya, Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim, Sekda Kota Bogor, Bagian Hukum dan HAM, Bagian Perekonomian, Diskop UMKM Dagin Kota Bogor, Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) dan semua yang terlibat dalam proses PMP ini.

Jadi kemarin malam sudah diputuskan tiga aset di PMP kepada PPJ, lahan pasar Jambu Dua sekitar 7.000 meter persegi, tanah Pasar Taman Kencana 2.500 meter persegi dan Plaza Bogor. Sudah diserahkan ke kami, berdasarkan rencana bisnis awal tahun makan selanjutnya segera direvitalisasi,” bebernya.

Muzakkir memaparkan, tahun ini rencananya prosesnya dilakukan terlebih dahulu, di pasar Jambu Dua dan Plaza Bogor. Revitalisasi masuk kategori pasar besar akan digunakan investor, Jambu Dua akan dikerjasamakan dengan pihak ketiga dan Plaza Bogor akan dikerjasamakan. Jadi sama dengan blok F, konsen kami memang dari awal lebih kepada aset, meski uang Rp5 miliar tidak dimasukkan.

“Karena itu, kami tidak perlu meminta uang, memakai uang yang ada terlebih dahulu. Kami pikir ini jadi memungkinkan eksekusi lebih cepat menjadi Perda. Akhirnya bersepakat dengan Pansus digunakan uang yang ada dan akhirnya PMP dalam bentuk uang itu penghapusan. Jadi lebih ke bentuk aset, Alhamdulillah. Ya, tinggal kami program yang dicanangkan bisa dieksekusi,” ucapnya.


Author: Admin


Tags:

Bagikan