Inovasi Kotak Penyimpanan Uang UV-C Untuk Membunuh Virus Covid-19 | PERUMDA PASAR PAKUAN JAYA
2 | 2 10 September 2021 | Dilihat: 132 Kali | Cetak

Inovasi Kotak Penyimpanan Uang UV-C Untuk Membunuh Virus Covid-19


Inovasi Kotak Penyimpanan Uang UV-C Untuk Membunuh Virus Covid-19

www.pasarpakuanjaya.co.id Bogor -Banyak cara untuk mencegah paparan virus corona penyebab Covid-19. Salah satunya adalah dengan perangkat disinfektan yang dilengkapi dengan sinar UV-C.

Perangkat ini ditemukan di beberapa tempat, Misalnya saja di Pasar Rakyat. Perangkat ini biasanya digunakan untuk mensterilkan Kuman / Virus di permukaan Uang dari Pembeli ke Penjual saat transaksi Jual Beli. Jadi disetiap Toko/Kios Pedagang Pasar Rakyat sudah kami sediakan Kotak Penyimpanan Uang UV-C.

Sinar ultraviolet sendiri adalah cahaya yang tidak terlihat dengan frekuensi elektromagnetik yang lebih tinggi daripada cahaya yang tampak. Sinar matahari merupakan sumber sinar UV yang dapat menyebabkan seseorang mengalami kanker kulit. Cahaya matahari terdiri dari tiga jenis sinar, yaitu UV-A, UV-B, dan UV-C. Penggunaan jenis cahaya yang dapat membunuh virus corona adalah UV-C.

Sinar UV-C itu jenis ultraviolet yang paling efektif untuk membunuh kuman dan kerap digunakan untuk mendisinfeksi permukaan, udara, serta cairan. Metode yang dilakukan untuk membunuh kuman, seperti virus dan bakteri dengan merusak asam nukleat dan proteinnya. Kerusakan ini membuat kuman tidak dapat melakukan proses yang dibutuhkan untuk bertahap hidup.

Sinar UV-C mengandung energi yang paling banyak dibandingkan dua jenis lainnya. Sinar UV-C yang berasal dari matahari sebagian besar diserap oleh ozon bumi, jadi kamu kemungkinan tidak terpapar oleh jenis sinar ini setiap hari. Namun, ada berbagai sumber sinar UV-C buatan manusia yang dapat digunakan.

Studi yang dilakukan oleh American Journal of Infection Control (AJIC), menyebut sinar UV-C ampuh untuk membunuh SARS-CoV-2 pada permukaan sekitar laboratorium. Disebutkan jika sinar ultraviolet ini ampuh untuk mengurangi jumlah virus corona yang masih hidup sebesar 99,7 persen hanya dalam 30 detik. Jenis sinar UV-C yang digunakan pada penelitian ini disebut dengan sinar UV-C jauh, yang panjang gelombangnya di kisaran 207 hingga 222 nanometer. Penggunaan alat ini juga tidak terlalu berbahaya bagi kulit dan mata dibandingkan jenis sinar UVC lainnya.

Kendati demikian, penggunaan sinar UV-C juga harus dilakukan berhati-hati karena bisa berbahaya jika mengenai kulit atau mata.

Sebagai langkah terbaik, terapkan protokol kesehatan sebaik mungkin untuk mencegah penularan Covid-19. Tak lupa mengenakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan membatasi mobilisasi serta interaksi sejauh ini menjadi cara paling ampuh untuk menghalau masuknya virus corona penyebab Covid-19 ke dalam tubuh.

 

 

(FA)


Author: Admin


Tags:

Bagikan